Tips Jualan Online Bagi Pemula

Tips Jualan Online Untuk Pemula

Jualan Online Untuk Pemula, pastinya Anda akan mengalami kebingungan dalam memasarkan produk dan membuat jualan online Anda menjadi bisnis yang profitable. Semakin banyaknya persaingan tentu jualan Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dan efektif agar bisa bertahan dan bersaing dalam pasar saat ini. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang akan membantu jualan online Anda dalam membentuk strategi pemasaran yang tepat:
  1. Bangun Traffic
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis adalah traffic. Traffic adalah jumlah kunjungan pada suatu toko. Sebagian besar penjual baru agak kesulitan untuk meningkatkan traffic ke tokonya. Meningkatkan traffic harus dimulai dengan mengekspos jualan Anda secara lebih luas. Semakin luas jualan Anda terekspos, maka semakin besar pula traffic yang akan didapatkan oleh toko online Anda. 
Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun traffic :
  • Promosikan ke orang terdekat
Anda dapat memanfaatkan orang-orang terdekat, seperti orang tua, sahabat, atau rekan kerja untuk mempromosikan produk atau toko online Anda secara lebih luas. Dengan begitu, jangkauan traffic toko online Anda akan mulai meningkat.
  • Posting di akun media sosial
Anda bisa mulai memanfaatkan forum, grup facebook, atau komunitas online untuk memperkenalkan produk dan toko online Anda. Gunakan link toko online Anda setiap membuat postingan.
2. Gunakan Iklan Berbayar
Untuk menghasilkan uang, Anda juga harus rela untuk mengeluarkan uang. Dengan iklan berbayar, Anda dapat mempromosikan produk untuk target pasar yang lebih spesifik. Hal ini tentu saja membuat iklan Anda jadi lebih efektif dan efisien.
Di Tokopedia, Anda dapat menggunakan fitur TopAds.
Di Bukalapak, Anda dapat menggunakan fitur PUSH.
Di Shopee, Anda dapat menggunakan fitur IKLANKU.
yakni fitur berbayar untuk mempromosikan toko dan produk Anda. Produk Anda akan muncul di halaman hasil pencarian, kategori, dan Hot List. Produk Anda akan lebih mudah dilihat oleh pelanggan. Dengan begitu, kesadaran konsumen terhadap toko Anda juga akan semakin meningkat.
3. Buatlah Konten Menarik dan Sebarlah!
Dalam membuat sebuah konten, Anda bisa memberikan hashtag atau tagline yang merupakan ciri khas bagi produk dan toko anda seperti #tokokece #produkindonesia.  Setelah Anda berhasil membuat konten, sebarkan konten tersebut ke seluruh audience Anda. Untuk bisa menjangkau seluruh audience, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan :
  • Gunakan Endorser
Endorser adalah publik figur yang digunakan  untuk mempromosikan sebuah produk. Endorser ini biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan populer di kalangannya. Anda bisa memanfaatkan mereka untuk mempromosikan produk secara luas. Biasanya Endorser juga akan mengajak pengikutnya untuk membeli produk Anda sehingga penjualan pun makin meningkat. Endorser ini dapat berupa artis, blogger, selebgram, dan sebagainya.
  • Membangun Partnership
Melakukan partnership dengan toko-toko lain (tidak harus sejenis) juga bisa dicoba. Biasanya mereka akan mempromosikan toko atau produk Anda di akun toko mereka. Dengan begitu Anda dapat menjangkau konsumen yang dimiliki oleh partner Anda.  
4. Evaluasi dan Tingkatkan!
Setelah Anda berhasil melakukan setiap langkah di atas, pastikan untuk selalu mengevaluasi jalannya langkah-langkah tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah langkah yang dilakukan sudah sesuai dengan visi Anda. Bila masih merasa kurang dengan hasil yang didapat, cobalah untuk meningkatkan setiap usaha Anda dalam menjalankan strategi tersebut.
Jadi sebagai penjual baru, Anda tidak perlu takut lagi untuk bersaing dengan kompetitor. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas,  peluang penjualan Anda tentunya akan semakin meningkat!
Latest


EmoticonEmoticon